Cara Membuat Subdomain Sendiri Gratis Tanpa Hosting

Cara Membuat Subdomain Sendiri Gratis Tanpa Hosting

Halo sobat sempetin,
Pernahkah kalian terfikir untuk membuat sebuah blog baru tapi dengan tidak mengeluarkan biaya tambahan untuk membeli domain lagi? seperti halnya yang dialami oleh admin pengangguran yang banyak maunya ini.

Semua itu bisa dilakukan, dengan memanfaatkan domain dari blog awal sebagai akhiran link blog baru kita nantinya. Tentu dengan cara ini akan menghemat pengeluaran kalian sebagai blogger pemula dan menambah wawasan kalian seputar dunia blogging.

Dengan membuat subdomain seperti ini, pastinya kalian diharuskan membuat blog utama menjadi banyak dipercaya oleh para pengunjung agar blog kedua dan seterusnya bisa memiliki jumlah visitor seperti blog pertama. Pada umumnya anda bisa memasang subdomain pada blog baru jika kalian sudah membeli domain sepaket dengan hosting pada situs-situs yang menyediakan penyewaan kebutuhan website.

Sebenarnya untuk mendapatkan subdomain anda tidak perlu susah payah untuk membeli domain atau hosting, tapi dengan cara berpartner dengan blog lain anda juga bisa mendapatkannya, akan tetapi masalahnya adalah setiap melakukan kerja sama pasti ada timbal baliknya yang padahal jika kalian buat sendiri tentu saja bisa.

Pembahasan

Subdomain ini sendiri sering digunakan pada situs situs besar untuk memenuhi keperluannya seperti menambahkan kategori/produk baru, membuat situs baru dengan tampilan tertentu, dan lain-lain. Untuk ilustrasinya bisa kalian perhatikan gambar dibawah ini, yang akan kami bahas secara rinci.

Ilustrasi

Contoh:
www.sempetin.my.id
www.link.sempetin.my.id

Keterangan: 
Warna kuning adalah URL blog pertama
Warna Hijau adalah URL blog kedua.

Kegunaan lain dari subdomain adalah agar blog yang anda kelola terlihat lebih professional dan terperinci dengan memiliki kategori disetiap blog yang berbeda, cocok sekali digunakan apabila kalian sedang mendalami bisnis baru dan sudah memiliki nama pada blog utama.

Untuk tutorial, kalian bisa ikuti cara pemasangan dibawah ini dan simak setiap tahapnya supaya tidak muncul pertanyaan baru yang sebenarnya sudah dijelaskan.

Tutorial Penerapan

Langkah 1
Buat blog baru kalian terlebih dahulu, kemudian tentukan nama dan url nya.

Langkah 2
Setelah itu pergi ke menu Setelan > Dasar, pada menu Alamat Blog silahkan klik Edit


Jangan tutup halaman tersebut, lalu catat yang telah kami lingkari.

Langkah 3
Lakukan login ke Client Zone DNS pada penyedia penyewaan domain kalian, lalu pergi ke Manage DNS

Langkah 4
Kemudian tambahkan Zone DNS seperti berikut ini, (kami menggunakan idcloudhost untuk contoh)

Isi Seperti Screenshot ini
Name adalah url dari blog baru.
RDATA adalah kode dari blogger (sesuai perintah pada langkah 2)

Langkah 5
Kembali ke halaman pada langkah 2, kemudian pilih Simpan (Tunggu hingga subdomain aktif)

Penutup

Jika tutorial diatas kurang bisa kalian mengerti, bisa ditanyakan melalui kolom komentar dibawah artikel ini, usahakan sesuai topik ya!

Mungkin sekian dulu yang bisa saya berikan, jika ada salah dalam penyampaian atau kata mohon dimaklumi karena kami memang masih pemula, semoga artikel ini bermanfaat
Terima kasih

Fernand
Fernand Kecanduan berbagi ilmu!

Tidak ada komentar